Kamis, 16 Juli 2020

MENDOKUMENTASIKAN KEGIATAN MELALUI BLOG



Beliau adalah seorang Pendidik, Trainer, Nara Sumber dan Motivator bidang Pendidikan, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara dimuka Umum, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif/Creative Writing, Pendidikan Karakter dan Komunikasi/TIK.
Tujuh belas tahun menjadi Guru di Sekolah Teknologi Menengah Negeri 39 Jakarta, 2005 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jakarta, 2009 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 36 Jakarta, Sekolah khas dimana terdapat program studi nautika kapal penangkap ikan, teknik kapal penangkap ikan dan agribisnis perikanan, dan sampai Nopember 2011 menjadi Kepala Sekolah di SMKN 29 Penerbangan Jakarta yang merupakan satu-satunya sekolah Penerbangan Negeri di Jakarta hingga akhir tahun 2012, saat ini menjadi Guru Matematika di SMKN 50 Jakarta.

Inilah sekilas profil pemateri kita pada sesion ke-11 kali ini, bapak Dedy Dwitagama. Untuk lebih lengkapnya tentang beliau bisa disimak di blog Bapak  Dedy http://dedidwitagama.wordpress.com/about dan Yang mau kenal wajah beliau silahkan klik di https://www.google.com/search?q=DEDI+DWITAGAMA&safe=strict&client=opera&hs=pc7&sxsrf=ALeKk02sZZDTBfTVBHsh7Q_p23stbPAjrQ:1593000570904&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjYip_JtZrqAhWQSH0KHanrAPEQ_AUoAXoECAsQAw&biw=1240&bih=731

blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Pengertian tentang blog sendiri adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang – orang  sedunia.

Beliau sendiri menulis di blog sejak 2005, dan inilah blog pertama beliau http://dwitagama.blogspot.com. Sedang untuk blog dokumentasi perjalanan beliau  dari sabang hingga merauke dan beberapa negara di dunia, dapat di lihat http://trainerkita.wordpress.com
Kemudian tahu 2007  beliau hijrah ke wordpress, https://dedidwitagama.wordpress.com inilah yang dilihat hampir dua juta kali dengan pengunjung hampir 600.000
Untuk blog – blog beliau secara lengkap bisa anda simak sebagai berikut :
1.         Kompasiana, lihat  https://www.kompasiana.com/dwitagama
2.  
   Blog tentang balita yang sudah pandai merokok, termasuk di depan ibu dan adiknya, lihathttps://dedidwitagama.wordpress.com
3.       Blog hoby fotografi ada di https://fotodedi.wordpress.com, ini sejak zaman belum ada
Instagram

Tidak hanya blog, Untuk penggemar instagram bisa akses di instagram beliau https://www.instagram.com/dwitagama/
Dan untuk penggemar youtube bisa akses di https://www.youtube.com/user/dwitagama

Dan inilah sesion tanya jawab yang bisa terangkum pada kuliah on line WAG yang ke- 11 kali ini.
Pertanyaan 1
Assalamu'alaikum. wr.wb. Selamat Malam. Saya Mardiyanto dari Kapuas Kalteng gelombang 12.Pertanyaan saya Mengapa pada tahun 2007 Pak dedy Pindah platform Blog dari blogger ke wordpress?  Terima Kasih

Jawaban pertanyaan 1
Terimakasih pak mardiyanto, 2007 wordpress muncul, seperti pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, sekarang wordpress sudah ada appikasinya di android dan iphone

Pertanyaan 2
Sangat terkesan dengan Pak Dedi.Ilmunya banyak. Saya mau tanya tips mengubah resume kuliah WAG jadi susunan buku yang menarik. Terimakasih. AAM NURHASANAH, LEBAK-BANTEN.
Jawaban pertanyaan 2
Bu Aam ... buku menarik itu sangat subjektif ... sederhananya mah, coba tempatkan diri kita sebagai pembaca buku yg kita tulis ... amati apakah tulisan kita menarik atau tidak, jawab sendiri secara jujur ... minta tolong teman atau keluarga untuk menilai ... perbaiki kekurangannya, lalu segera terbitkan ....karena kalo diulang-ulang pasti selalu ada yang


Pertanyaan 3
Pak Dedi izin bertanya: Bagaimana menjaga kekonsistenan bapak dalam menulis?
Jawaban pertanyaan 3
Saya menulis kapan aja saat ide muncul, saat ini saya sering menulis saat menunggu anak di lokasi parkir sekolahnya, sambil denger musik di mobil, menulis dengan gunakan HP dan tak perlu di edit, langsung tayangkan saja
Pertanyaan 4
Assalamu'alaikum Pak Dwi.
Sy Arnita dari Jogja.Mau bertanya Bapak.Mengapa Bapak beralih dari blogspot.com ke wordpress.com? Terima Kasih.
Jawaban pertanyaan 4
Terimakasih bu arnita, 2007 wordpress muncul, spt pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, skarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone.
Pertanyaan 5
Bapak sudah menulis lebih dari 4.100 artikel. Apakah ada tips agar bisa konsisten menulis di blog?
Jawaban pertanyaan 5
usahakan makin sering menulis, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan, plus sering" berkunjung ke blog teman sebagai pembanding
balas komentar pembaca blog kita, hal itu akan meningkatkan motivasi menulis lagi ... dan lagi, happy deh
Terima kasih pak...
Pertanyaan 6
Hanya satu kata yang bisa saya ungkapkan, "Masya Alloh..." saya terpana melihat deretan prestasi dan aktivitas bapak yang begitu banyak... Saya jadi penasaran bagaimana bapak mengatur waktu agar semua aktivitas bisa dilakukan dengan baik?Apakah bapak pernah mengalami kebuntuan dalam berpikir dengan seabrek aktivitas? Lilis Erna Yulianti- Majalengka
Jawaban pertanyaan 6
Nuhun bu lilis ... waktu itu milik kita, dan kita yang mengendalikan, oleh sebab itu saya tak membuka group WA, lebih senang membuka portal resmi yang minim hoax, jarang ngerumpi, lima belas menit sebelum absen pulang saya berusaha posting tulisan atau menjadwalkan utk terbit minggu depan
Pertanyaan 7
Assalamualaikum Pak Dedi. Saya Santi dari Jayapura. Semoga Pak Dedi Masih ingat saya yg bertanya waktu Zoom conferensi blogger
Pak Dedi adalah salah satu idola saya. Karena Bapak saya lihat orangnya tenang  berwibawa, tapi humoris.
Tapi karyanya luar biasa.
Apa sih pak rahasianya agar bisa membagi waktu seperti bapak  ada fotografer ada nulis ada kesibukan lain yg buanyaaak sekali. Tapi Bapak nampak santai. Saya pingin banget terlihat santai padahal fokus menjalankan sesuatu nya .

Jawaban pertanyaan 7
salam bu santi ... saya  biasa seran ... serius tapi santai ... supaya bisa fokus, tetapkan tujuan kegiatan kita, tak perlu dengan kita punya teman" bicara apapun .... jalaaan saja, terus jalan menuju tujuan yg diinginan, jika lelah istirahat, jika sedang fit bolehlah berlari ... nanti  akan sampai pada tujuan
pertanyaan 8
Selamat malam, saya Isnawati dari Kalimantan Tengah.Luar biasa ketika saya mengklik tautan pertama yang bapak bagikan. Apakah seorang yang luar biasa seperti Pak Dwi memiliki seorang inspirator? Boleh cerita sedikit Pak Terimakasih..
Jawaban pertanyaan 8
ALoow Bu Isna, waktu SMA saya pernah ditunjuk sekolah mewakili semua murid untuk ikut seminar di Jakarta, yang pembicaranya Prof, Arief Rachman ... sejak saai tu saya sangat terinspirasi dengan beliau ... sayang saya tak bisa jadi Doktor karena disertasi saya tak tuntas akibat terima job dua tahun keliling Indo bersama BNN RI semaikan anti narkoba
Pertanyaan 9
Sangidah dari Jawa Tengah
1. Trik apa yang bpk lakukan untuk mendapat follower ribuan?
2. Artikel yang bapak tulis sebagian besar temanya ttg apa ?
Terimakasih

Jawaban pertanyaan 9
ALoow Ibu Sangidah, saya follow blog orang ... dan dia jadi follow saya atau sebaliknya ... temanya kebanyakan tentang pendidikan ....tapi kalo ada ide tentang apa saja, saya tulis dan upload
Pertanyaan 10
Pa Dedi bagaimana rahasianya supaya blog kita terlihat menarik dan banyak pengunjungnya ...
Jawaban pertanyaan 10
Supaya blog kita banyak pegunjungnya, kita harus megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita
Pertanyaan 11
Assalamu alaikum pak Dedi.Gimana caranya ngilangin kebiasaan nulis yang sangat bergantung pada kurang mood.
Jawaban pertanyaan 11
Saat tak ada mood ....kunjungi blog orang lain .... muncul ide deh, langsung tulis dan uplod
Pertanyaan 12
Pak, saya Umi dari Yogyakarta.
Bagaimana memunculkan kalimat pertama yang menarik perhatian?

Jawaban pertanyaan 12
Monggo Bu Umi .... Tulis langsung ide tulsan anda pada kalimat pertama, setelah itu lanjutkan dengan uraian yang diperlukan, sertakan foto dan video supaya lebih joss
Pertanyaan 13
Assalamualaikum Pak,
Saya Dewi (Cinere, Depok). Pertanyaan saya, apakah dalam menulis, ada aliran-aliran yang bisa kita temukan layaknya pada seni lukis?Bila ada, bisakah seorang penulis berganti-ganti aliran menulis? Terima kasih.Gelombang 4
Jawaban pertanyaan 13
Salam bu dewi ....jika kita tanya ke dosen bahasa indo, pasti ada aliran" tulisan ... karena  saya guru matematika .... saya mah tulis aja apa yg saya mau tulis ... biarkan pembaca yang menilai.
Pertanyaan 14
Assalamu'alaikum
Saya Titin Sumartini dari Subang
Ijin bertanya pak
1.         Mengapa bapak hijrah dari blog ke wordpress?
2.       Bagaimana tips bapak menjadi Kepala sekolah yang berprestasi
Terimakasih.

Jawaban pertanyaan 14
salam bu titin, 2007 wordpress muncul, seperti  pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, skarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone ... saya menjalankan penugasan dinas, ikuuut aja, melengkapi semua persaratan, ternyata menang ... karena kata jurinya beberpa tahun kemudian ... saya dinilai menguasai teknologi dalam bekerja ... padahal saya mah cuma user aja
tulis pertama kali, atau terakhir sbelum uplod ... gunakan kalimat ringkas yang membuat pembaca ingin melanjutkan hingga habis artikel, misalnya: "Apa komentar kamu melihat meja belajar di sekolah banyak coretan dan tembok jalan yang kamu lewati banyak coretan seperti dua foto di atas?" silahkan liat posting lengkapnya di https://dedidwitagama.wordpress.com
Terimakasih pak
Pertanyaan 15
Saya bu sri,  mau bertanya buku yang pernah diterbitkan judulnya apa ya Bpk?

Jawaban Pertanyaan 16
saya pernah menerbitkan buku cetak Matematika SMK, penerbit galaksi, Penelitian Tindakan Kelas bersama Om Jay, Buku Narkoba, dan tulisan" lepas di majalah PGRI

Pertanyaan 16
Assalamu’alaikum, Pak Dedi.
Bolehkah kita mendokumentasikan sebuah tulisan yang sama ke dalam lebih dari satu blog pribadi? Misalnya tulisan yang saya tulis di blog.spot, saya isi juga di wordpress. Terima kasih! (Hamdani – Kepri)
Jawaban pertanyaan 16
ALoow Pak Hamdani ....itu boleeeh, karena blog itu seperti majalah atau rumah kita, apapun boleh kita isi ... tetapi jika bapak memiliki blog di kompasiana.com sebaiknya bapak posting di kompasiana dulu baru bapak kopi paste di blog" lainnya ... karena kompas punya sistem yang bisa tahu tulisan kita sudah tayang di tempat lain ... dan itu bisa membuat kita di suspen
Pertanyaan 17
Assalamualaikum..
Saya Esti dari Bangka Belitung, mau bertanya ke Narsum yang super dan sangat menginspirasi sekali dan penuh denag segudang prestasi dan pengalaman. Luar biasa salut dengan Pak Dedi Dwitagama.  Pertanyaannya adalah dari blog yang sudah kita buat bagaimana cara untuk menjadikan sebuah buku?
Adakah syarat dan langkah-langkahnya biar hasil bukunya bagus.Mohon pencerahannya.  Terimakasih
Jawaban pertanyaan 17
aloow bu esti, terima kasih apresiasinya ... kumpulkan tulisan anda dari blog, kelompokkan tulisan berdasarkan tema ... konsultasikan dengan editor atau fihak penerbit, anda akan mendapat saran dari mereka agar buku anda menarik buat dibaca, semoga sukses.

Pertanyaan 18
Bagaimana agar kita bisa nulis di kompasiana, apa syaratnya pa?
Terimakasih

Jawaban pertanyaan 18
Cuma email saja ... isi bio data, masukkan foto, langsung nulis deh
Pertanyaan 19
mohon tips langkah simple logis untuk mulai nulis bagi newbie seperti saya.

Jawaban pertanyaan 19
gratis bu titin

Pertanyanan 20
Selamat malam pak.. Maaf pak menurut bapak.. Apakah menulis di worpress lebih nyaman di bandingkn  di blog.. Tentu ada kelebihan dari wordpress.. Kelebihan apa dari wordpress di banding dengan  blog. Soalnya saya masih bingung. Sementara menulis di blog.jika sudah memliki blog dan nanti memliki wordoress juga.. Takut tidak terisi tulisan.. Cenderung ke salah satunya.bagaimana tips mengelola kedua – dua nya agar semua tetap terisi.. Tulisan kita.. Terimakasih..
Sumarjiyati- GK
Jawaban pertanyaan 20
Dear Bu Sumaryati, soal nyaman itu selera, tulisan ibu di blogspot semuanya bisa di impor ke wordpress ....jadi blog wordpress ibu langsung banyak isinya .... terusin deh
Simpel tapi pasti

Pertanyaan 21
Assalamu'alaikum pak dedi. Izin bertanya.Apakah semua kegiatan kita cocok untuk didokumentasikan?Bagaimana kalau kegiatan itu kita nilai biasa- biasa saja?
Adi_ tangerang
Jawaban pertanyaan 21
ALoow Pak Adi ....idealnya semua kegiatan anda, kegiatan sekolah anda harus didokumentasikan, penilaian biasa" itu kan menurut anda ... buat orang lain di tempat lain bisa jadi luar biasa ... sperti anda membuang gelas air kemasan yang anda anggap tak bernilai, buat pemulung itu luar biasa, bisa menyambung hidupnya

pertanyaan 22
Selamat malam Bapak Dedy
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Bagaimana cara mendokumentasikan foto atau gambar dalam blog?

Jawaban pertanyaan 22
ini contohnya, saya menjumpai anak" sedang berlatih tari ratoeh jaroe ... saya videokan, upload di youtube https://youtu.be/NcvZt-0SJ4k, kasih keterangan satu alinea upload di blog ... puluhan tahun yang akan datang, anak" itu akan bahagia luar bisa melihat wajahnya saat di SMK
Pertanyaan 23
Maaf saya mohim tanya... Dalam penulisan di blogger itu apakah harua puamjang tulisannnya ya...kira2 kalau di hitungan halaman ...berapa halamankah?wiwit gresik gelombang 6
Jawaban pertanyaan 23
aloow bu wiwit ... umumnya tulisan saya berisi 3 alinea, kadang hanya satu alinea melengkapi satu foto saya, ini contohnya: https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/26/podcast-lebaran-2020. Buat kami itu sungguh sangat luar biasa Dan istimewa.Buat yang lain belum
Pertanyaan 24
Aidil fitriani dari Tenggarong
Bagaimana fhotografy pak ..apakah Bpk belajar tekhnik khusus ??
Jawaban pertanyaan 24
ALoow Ibu Aidil ... fotografi seperti bermusik dan bercita, semakin sering kita melakukan maka makin pandai lah kita, saya belajar juga dari blog" fotografer profesional dan channel or instagram mereka, saya prektekin deh..mau kursus fotografi mahal, mending saya pakai uangnya buat nambah koleksi kamera dan lensa saja
di channel yutub saya ... banyak dokumentasi latihan dan pentas anak" ekskul
pertanyaan 25
 Assalamualaikum Pak, saya Lilis Nurhayati (lisnur) dari Bandung, saya merasakan masih sulit menuangkan ide atau gagasan, saya merasa sulit untuk memulai dalam membuat tulisan, kebingungan kata-kata pembukanya apa, mohon advive nya . gel 4
Jawaban 25
Dear Ibu Lis Nur, saat punya ide, langsung ketik di gadget anda sebelum lupa ... saat ada waktu, lanjutkan deh tulisan itu, lengkapi dengan foto sendiri atau cari di google, upload deh
Wooo cukup gampang banget kayak nya
wordpress dan kompasiana menyimpan tulisan kita yang belum diterbitkan di folder draft ... matangkan dan tayangkan ... agar blog kita bertambah isinya
pertanyaan 26
Assalamualaikum pak Dedi, saya candra dari Langkat... apakah pngunjung blog bapak dari beragam latar belakang usia pak? Bagaimana siasat agar blog kita mau dkunjungi oleh banyak orang dari beragam latar belakang pak?

Jawaban pertanyaan 25
memang gampang, karena HP kita smart ... persoalannya mau atau tidak pemiliknya mengeksekusi

pertanyaan 26
kalau kita kadung nulis di blogspot tapi kepikiran nulis di kompasiana, gimana ya Pak?
Apa artikel – artikel  yang sudah tayang harus ditarik/edit dulu,
buka kompasiana - lalu posting,
setelah beberapa waktu baru dipost kembali di blogspot
Apa mungkin seperti itu ya?
Saya Amat Misnadi, Bandung.
Jawaban pertanyaan 24
ALow Pak Amat Misnadi, tulisan anda di blogspot dijadikan sebagai inspirasi, tulis lagi dengan perluasan dan bumbu" agar lebih menarik, tayangkan di kompasiana, keren deh
misal tulisannya sudah jadi Pak, fully edited versi kita
pertanyaan 26
Assalamu’alaikum, Pak Dedi.
Bolehkah kita mendokumentasikan sebuah tulisan yang sama ke dalam lebih dari satu blog pribadi? Misalnya tulisan yang saya tulis di blog.spot, saya isi juga di wordpress. Terima kasih! (Hamdani – Kepri)
Jawaban pertanyaan 26
boleh pak hamdani. suka" kita, karena blog itu seperti rumah kita yang bebas kita mau isi apa intinya mah pak, jangan kopi paste buat kompasiana, bakal dihapus sama adminnya ... kalo dari kompasiana dikopi ke blog lain gapapa, cobain deh
pertanyaan 27
Malam bu ijin bertanya pada bapak Dedi narsum hebat, nama bapak I Nengah Suradnya dari Bali..Bagaimnkah menumbuhkan rasa Cofidance bapak, saat tampil sebagai pmbicara di berbagai level Nasional dan Intetnasional?
Jawaban pertanyaan 27
Matur sukseme Pak Suradnya, persiapkan materi yang diminta penyelenggara, paparkan materi yang kita kuasai, siapkan slide, dilengkapi foto dan video pendukung, berlatih di depan kaca atau teman dan keluarga ... jangan pernah menolak jika diminta presentasi, soal dibayar atau tidak ... bakal datang bayarannya kemudian, saya pernah presntasi 182 sepanjang satu tahun .... bis beli mobil barru scara cash pak ... hahahaha gegara blog ... karena panitia yang mengundang menemukan saya di google.

Kesimpulan dari beliau pada session ini adalah Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain, peribahasa gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belangnya. Kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang bisa kita kelola menggunakan HP ... apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula ....menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas ... nikmati hasilnya kemudian ...
Terimakasih pak Dedi…Salam literasi….!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar