Senin, 08 Juni 2020

MENULIS...MENULIS...DAN MENULIS LAGI....


Belajar Menulis Gelombang  11

Pertemuan 3                    : Jumat,  5 Juni 2020
Waktu                               : 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri                           : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd
Topic                                  : Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku
Peresume                          : Tri Tusiyani, S.Pd
                                             (zaniekwik2@gmail.com)

MENULIS…MENULIS…DAN  MENULIS LAGI …



Menulis  buku itu tidak mudah. Pun juga menerbitkannya sehingga dikenal  dan menjadi bahan literasi masyarakat. Tapi itu bagi pemula, tidak bagi ibu Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd yang sudah berpengalaman dalam menerbitkan buku. Banyak sudah karya – karya beliau yang sudah terbit.

Di usia hampir 50 tahun beliau memulai menulis . saat itu di tahun 2007 beliau ketemu dengan buku karangan pak Ersis atau yang lebih dikenal dengan kang Ewa yang menyatakan menulis itu gampang. Buku itulah yang kemudian  memotivasi beliau,  “ saya harus bisa menuls”.

Saat beliau masih jadi penulis pemula, beliau terinspirasi dari nama belakang blog” ana “. Sehingga menggunakan nama pena yaitu Astutiana. Saat masih jadi pemula beliau sudah berhasil menuliskan buku setebal 400 halaman yang berkisah mulai ibunya remaja sampai ketemu ayahnya hingga beliau sendiri berusia 50 tahun. Luar biasa….

Karya lain beliau dari karya bersama adalah buku antologi “Diary Ketika Buah Hati Sakit”, “25 Kompasioners  Merawat Indonesia”, “Indonesia Satu”, “Move On”, “Go to 2020”.

Pada tahun 2009, di kegiatan MGMP beliau di ajak menyusun buku seri pendalaman materi UN bahasa Inggris SMK. Buku tersebut disusun selama 6 bulan, sehingga tahun 2010 baru bisa terbit dengan penerbit Erlangga. Dan tahun 2015 buku tersebut terbit edisi revisinya.  Banyak royalty yang masuk rekening beliau tentunya. Ini lebih memicu untuk menulis..menulis…dan menulis lagi…

Tahun 2013 terbit 3 buah bukunya yaitu Buku parenting,”Seni  Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Islami”, penerbit Mita WidyaWacana Jakarta, “ Ku Gelar Sajadah Cinta”, penerbit Indie Bentang Pustaka Sidoarjo dan “ Deburan Ombak Waktu”, penerbit Indie Goresan Pena Cirebon.

Tahun 2016 beliau menerbitkan buku “The Stories Cakes For Beloved Mom’s”, diterbitkan oleh penerbit Indie Oksana.

Tahun 2017 beliau menghasilkan karya , “ The Storis of Wonder Women”yang diterbitkan oleh Penerbit Mediaguru. Karya yang lain di tahun yang sama adalah “Tipuan Asmara”yang berupa novel, “Wow English is So Easy Kids”, “Perempuan Terbungkas”, buku motivasi “Catatan Religi Bu Kanjeng”, dan 3 buku parenting yaitu: “Merawat Harapan”,” The Powerof Mother’s Prayer”,” Masuk  Surga  Karena Anak”.

Di usia beliau yang boleh dikatakan tidak lagi muda,beliau baru memulai karir menulis. Sungguh ini adalah motivasi yang sangat luar biasa. Tidak ada kata terlambat dalam berkarya. Yang terpenting adalah, niat, kemauan, semangat, dan pantang menyerah..satu lagi, mau belajar terus..terus..dan terus. Jika ada kemauan insyaallah ada jalan…Sukses dan sehat selalu Ibu Sri…terimakasih sudah berkenan berbagi ilmu dengan kami…sehingga kami pun nantinya semoga akan bisa menulis…menulis…dan menulis lagi….seperti Ibu….

Salam literasi…dari kami di Jogja, Kota Gudeg tercinta… !

6 komentar:

  1. Balasan
    1. kalo iri sama ibu sri harus pk..utk motivasi kita..tp jgn iri sama sy,masih belajar pk...

      Hapus
  2. Mantul Bu, saya baru malam ini mengikuti kelas menulis, tulisan Anda menginspirasi saya untuk membuat resume... 👍

    BalasHapus
  3. alhamdulillah...belum bisa meresume yang bagus saya pk, maklum guru eksak...he he

    BalasHapus