Senin, 08 Juni 2020

ADA APA DENGAN JUMAT KLIWON




Serem ya dengernya…mesti itu yang akan terbersit di benak kita ketika membaca judul  itu. Karena jumat kliwon identik dengan hantu. Siapa sih yang tidak takut hantu? Kebanyakan orang akan takut melihatnya, merasakan keberdaannya saja sudah merinding..sereem….

Tapi malam ini entah kenapa kok saya tiba – tiba ada keinginan menulis itu. Mungkin karena baru ditemani sosok dibalik tembok itu…hi hi. Merinding ya? Insyaallah saya sudah terbiasa..karena sudah hampir 41 tahun tahun dikurangi 4 tahunlah saya kenal dengan dunia mereka. Kenapa dikurangi 4 tahun? Karena saat balita saya tidak bisa tahu dan ingat..hanya dari cerita ibu saya saja tahunya..hee..

Hampir 37 tahun, banyak cerita dan pengalaman yang seru tentunya…dan yang pasti selama itu pula saya bahkan sampai saat ini pun tidak pernah punya keinginan untuk diketahui orang banyak bahwa saya seorang indigo. Terlalu berlebihan bagi saya,kalau saya dikategorikan sebagai indigo, karena IQ saya juga biasa – biasa saja. Bagi saya cukup untuk keluarga dan teman – teman dekat saya saja yang tahu..itu anggapan saya…

Tetapi kata  orang – orang saya termasuk indigo. Tapi saya sendiri tidak pernah cek aura atau yang sering dikenal dengan Aura video Station atau ESP ( Exstra Sensory Perseption) . Secara ilmiah untuk mengetahui seseorang itu indigo atau tidak,  bisa dengan melakukan cek tersebut. Meskipun dari ciri – ciri orang indigo yang ada sebenarnya sudah bisa kita ketahui.

Tapi di tulisan kali ini saya tidak akan membahas tentang apa itu indigo, ciri-cirinya,dan sebagianya. Saya  hanya ingin berbagi dulu tentang Jumat kliwon. Mungkin lain waktu akan saya bagi yang lainnya, indigo itu apa to?kenapa mereka bisa melihat, atau kisah – kisah lucu bersama teman – teman di dunia perdemitan..kisah serem banyak yang sudah cerita, tetapi kisah lucu – lucu belum sepertinya…lain kali ya..Semoga nantinya  dengan berbagi bisa bermanfaat bagi orang banyak. Insyaallah..amiin.

Sebelum ke jumat kliwon cerita dulu sedikit ya…beberapa waktu yang lalu saya mengikuti diklat VCT BATCH 6 DIY. Salah satu sesion  adalah presentasi materi yang harus di tempuh oleh peserta dengan kelas vicon di webex.com. ketika itu saya bingung dengan pilihan materi apa yang harus saya ambil, kemudian saya pikir – pikir  judul “Indigo Bukanlah Cacat atau Kelainan Jiwa” cukupmenarik. Waktu itu sebenarnya saya ragu – ragu, tetapi bismillah saja. Saya pikir tidak semua orang tahu. Benar, banyak tanggapan positif dari teman – teman . Alhamdulillah..waktu satu jam presentasi ternyata kurang..bahkan bahas kesurupan saja bisa 30 menitan…nah loh…banyak yang masih ingin bertanya , tetapi karena waktu habis dibatasi hanya 1 jam akhirnya di tutup sama host nya.

Dari sinilah saya kemudian tahu, ternyata perlu berbagi juga dengan yang lain tentang pengalaman saya ini. Maka saya mulai dulu dengan topic yang simple dulu, “ Jumat kliwon”

Ada apa dengan jumat kliwon? Masyarakat menganggap bahwa jumat kliwon adalah hari yang sakral menurut masyarakat Jawa. Apalagi malam jumat kliwon. malam ini diyakini  adalah malam di mana hantu – hantu pada keluar…( maaf saya menggunakan istilah hantu) tapi sebenarnya tidak seseram itu kok.. Saya lahirnya juga pas malam jumat kliwan jam 12 malam lho..

Hantu itu setiap malam atau siang juga ada. Siang – siang yang nangkring di pohon, duduk di jembatan, berdiri di pinggir jalan juga ada. Saya juga sering kok ngajar di kelas di temani hantu..hiks. Tapi anak  - anak tidak tahu dan tidak saya kasih tahu..(kecuali yang bisa lihat mesti tahu)..bisa – bisa bubar semuanya…he he..Pernah sih karena hantunya nyanyi lagu “ Lingsir Wengi”, halus dan lembut  banget suaranya..tapi terdengar jelas..jadi anak – anak di kelas itu tahu..tapi tidak sampai bubar..Cuma pada ribut saja..hehe….

Kembali ke jumat kliwon….Kenapa malam jumat kliwon jadi malam sakral ? beda dengan dengan malam jumat legi,pon, wage atau paing. Sebenarnya karena masyarakat itu sendiri yang membuatnya. Anggapan masyarakat sendiri yang kemudian memancing tindakan – tindakan yang sacral. Membersihkan keris, menabur bunga, nglarung, ke tempat – tempat yang dianggap kramat dsb. Tindakan itu yang kemudian mendatangkan jin atau setan di sekitarnya. Coba kalau kebiasaan itu dilakukan malam kamis kliwon, maka malam itu juga akan menjadi sacral juga…

Dunia hantu itu seperti manusia. Mereka juga punya sifat marah, tertarik, suka dan sebagainya..kesenggol marah, di mintai tolong juga mau, di beri sesuatu pun akan suka. Dengan tindakan – tindakan di malam jumat kliwon inilah kemudian jin atau setan akan semakin memperdaya manusia. Ada sebagian masyarakat yang memberikan persembahan – persembahan seperti kembang, menyan, ayam cemani, dsb. Itulah yang menjadikan daya tarik para hantu untuk mendatangi mereka.

Tidak kita pungkiri bahwa masyarakat Jawa itu penuh dengan budaya – budaya tradisional,upacara – upacara adat, dan tradisi – tradisi kuno yang masih dilakukan sampai sekarang. Ini adalah salah satu factor pendukung  semakin menambah kepercayaan mereka tentang keramatnya malam jumat kliwon.

Apapun itu, tergantung kita menyikapinya..malam jumat kliwon,kamis kliwon, selasa legi atau yang lain tidak ada bedanya bagi hantu – hantu itu. Karena bagi  mereka kapan pun dipanggil akan datang dengan sifatnya yang suka  memperdayai manusia. Ada juga sih hantu yang baik…tergantung kitanya saja..Bahkan siang pun bisa….tidak harus malam. Hanya Kebetulan dimasyarakat kita sudah terlanjur menjadi anggapan dan budaya kalau malam jumat kliwon itu adalah malam yang sakral penuh dengan ritual – ritual.. Maka jadilah malam jumat kliwon yang dianggap malam yang menyeramkan…dan horror…saya tidak tahu kenapa asal muasal dipilih malam jumat kliwon. Tetapi yang saya tulis ini adalah semata dari kacamata perdemitan atau perhantuan yang saya ketahui…

Tidak usah takut dengan malam Jumat kliwon..semakin kita takut, mereka juga akan semakin memperdayai kita…Mungkin sebagian masyarakat tidak percaya dengan dunia hantu. Tetapi percaya tidak percaya memang hantu itu ada. Dan malam apapun insyaallah malam yang akan selalu di Rahmati Allah…malam yang bila kita manfaatkan dengan ibadah – ibadah dan hal- hal yang baik..Insyaallah akan berpahala bagi kita…

Mari kita perbanyak doa dan istighfar…semoga dengan itu kita terhindar dari godaan – godaan syetan yang terkutuk…Amiin..

Semoga bermanfaat….salam…!next time insyaallah saya sambung lagi….


6 komentar:

  1. betul bu dengan membaca dzikir dan istighfar Insya Allah hati merasa tentram

    BalasHapus
  2. Hantu atau jin juga takut sama kita sebenarnya.... baca ayat kursi atau bawa ngaji.... setan2 pada menjauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btul..hy kita j yg srg takut duluan...😊
      Tp tdk semua jin takut ayat kursi...

      Hapus
  3. Setuju ... zikir dan bacaan ayat alqur'an akan mampu melindungi kita dari yg berniat jahat jin atau manusia...

    BalasHapus