LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
MEMBANGUN BUDAYA POSITIF SISWA DALAM MENGERJAKAN
TUGAS - TUGAS SEKOLAH ATAU SOAL – SOAL PENILAIAN
Oleh : Tri Tusiyani,
S.Pd
CGP Kab. Kulon Progo
A.
LATAR BELAKANG
Perkembangan
teknologi, saat ini sangat memudahkan siswa dalam membangun komunikasi dengan
guru dan juga teman – teman satu kelas maupun teman seangkatan. Hal ini akan
sangat mendukung dan membantu sekali dalam mengerjakan tugas – tugas atau pun
soal – soal penilaian dari sekolah. Apalagi di saat pandemi covid 19 saat ini.
Dimana sekolah melakukan pembelajaran secara daring. Tetapi hal ini tidak
selamanya berdampak positif bagi siswa karena terkadang dimanfaatkan tidak pada
tempatnya. Siswa terkadang tinggal copy paste jawaban siswa lain, sehingga
nilai kejujuran, tanggung jawab dan kedisiplinan menjadi berkurang bahkan
hilang dari diri siswa.
B. DESKRIPSI
AKSI NYATA
Aksi
nyata yang dimaksudkan di sini adalah membangun budaya positif siswa dengan
selalu mengingatkan akan pentingnya sikap tanggung jawab, mandiri jujur dan
disiplin yaitu dengan menuliskan pesan – pesan tersebut baik dalam pembelajaran
atau pun saat membagikan soal- soal dan tugas – tugas pada siswa. Dengan selalu
memberi pesan dan mengingatkan diharapkan siswa akan ingat dan menjaga sikap
mereka. Yang awalnya tidak peduli, cuek saja dan masa bodoh karena diingatkan
terus akhirnya akan menjadi tidak enak dan akhirnya bisa melaksanakan dengan
kesadaran sendiri. Pada aksi nyata ini dibagikan link survey juga sejauh mana
mereka melaksanakan pembelajaran daring di rumah. Dengan survey ini bisa
diketahui kejujuran dan bagaimana siswa melaksankan tugas-tugas dan soal – soal
PAS dengan daring di rumah. Selain itu setiap mengerjakan soal – soal, siswa
diminta mengunggah hasil perhitungan mereka. Jadi bisa diketahui hasil
pekerjaan mereka apakah hasil menjiplak jawaban teman atau hasil pekerjaan
mereka sendiri.
C.
HASIL AKSI NYATA
Pada aksi nyata kali ini dapat
menghasilkan budaya positif pada siswa meskipun tidak bisa dikatakan maksimal
100% berhasil. Tetapi paling tidak, dapat mengurangi kebiasaan mereka dalam mengerjakan
tugas – tugas atau soal – soal PAS. Kebiasaan mereka menyontek/menjiplak jawaban teman atau istilahnya copy paste
dapat dikurangi. Kesadaran untuk dapat jujur dan bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas –tugas sudah mulai ada. Meskipun awalnya mungkin takut
ketahuan guru, tapi diharapkan akan menjadi sebuah pembiasaan yang positif bagi
mereka dalam pembelajaran.
D. PEMBELAJARAN
YANG DI DAPAT DARI PELAKSANAAN
KEBERHASILAN |
KEGAGALAN |
1. Dapat menumbuhkan budaya positif
pada siswa. 2. Siswa dapat mandiri, tidak
menggantungkan pada pekerjaan teman. 3. Yang awalnya adalah sebuah
keterpaksaan lama – lama akan menjadi sebuah pembiasaan positif. |
1. Tidak semua siswa menyadari akan
pentingnya pembiasaan positif tersebut. 2. Perubahan sikap mereka tidak dapat
dilihat karena pemebalajaran masih daring. 3. Keberhasilan ini dilihat dari
hasil angket survey, coretan hasil pekerjaan tugas mereka yang diunggah di GF
dan nilai tugas/PAS, sehingga hasil didapat dari analisis. |
E.
RENCANA
PERBAIKAN DI MASA MENDATANG
1. Budaya positif ini perlu ditumbuhkan
terus pada anak, tidak hanya lewat pesan – pesan atau survey tetapi bisa
pembimbingan jika sudah pemeblajaran tatap
muka/luring.
2. Mengurangi peluang
menyontek/menjiplak/copy paste siswa dalam pemberian tugas-tugas.
3. Memberikan pantauan – pantaun pada
siwa dengan pemberian survey – survey yang lebih detail lagi sehingga bisa
diketahui betul perkembangnnya.
F.
DOKUMENTASI
| |
|
|
Hasil survey dan
tugas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar