Jumat, 15 Januari 2021

                            LAPORAN AKSI NYATA  MODUL  1.4 BUDAYA POSITIF

MEMBANGUN BUDAYA POSITIF SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS - TUGAS SEKOLAH ATAU SOAL – SOAL PENILAIAN

Oleh : Tri Tusiyani, S.Pd

CGP Kab. Kulon Progo

 

A.    LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi, saat ini sangat memudahkan siswa dalam membangun komunikasi dengan guru dan juga teman – teman satu kelas maupun teman seangkatan. Hal ini akan sangat mendukung dan membantu sekali dalam mengerjakan tugas – tugas atau pun soal – soal penilaian dari sekolah. Apalagi di saat pandemi covid 19 saat ini. Dimana sekolah melakukan pembelajaran secara daring. Tetapi hal ini tidak selamanya berdampak positif bagi siswa karena terkadang dimanfaatkan tidak pada tempatnya. Siswa terkadang tinggal copy paste jawaban siswa lain, sehingga nilai kejujuran, tanggung jawab dan kedisiplinan menjadi berkurang bahkan hilang dari diri siswa.

 

B.      DESKRIPSI AKSI NYATA

Aksi nyata yang dimaksudkan di sini adalah membangun budaya positif siswa dengan selalu mengingatkan akan pentingnya sikap tanggung jawab, mandiri jujur dan disiplin yaitu dengan menuliskan pesan – pesan tersebut baik dalam pembelajaran atau pun saat membagikan soal- soal dan tugas – tugas pada siswa. Dengan selalu memberi pesan dan mengingatkan diharapkan siswa akan ingat dan menjaga sikap mereka. Yang awalnya tidak peduli, cuek saja dan masa bodoh karena diingatkan terus akhirnya akan menjadi tidak enak dan akhirnya bisa melaksanakan dengan kesadaran sendiri. Pada aksi nyata ini dibagikan link survey juga sejauh mana mereka melaksanakan pembelajaran daring di rumah. Dengan survey ini bisa diketahui kejujuran dan bagaimana siswa melaksankan tugas-tugas dan soal – soal PAS dengan daring di rumah. Selain itu setiap mengerjakan soal – soal, siswa diminta mengunggah hasil perhitungan mereka. Jadi bisa diketahui hasil pekerjaan mereka apakah hasil menjiplak jawaban teman atau hasil pekerjaan mereka sendiri.

 

C.     HASIL AKSI NYATA

Pada aksi nyata kali ini dapat menghasilkan budaya positif pada siswa meskipun tidak bisa dikatakan maksimal 100% berhasil. Tetapi paling tidak, dapat mengurangi kebiasaan mereka dalam mengerjakan tugas – tugas atau soal – soal PAS. Kebiasaan mereka menyontek/menjiplak  jawaban teman atau istilahnya copy paste dapat dikurangi. Kesadaran untuk dapat jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas –tugas sudah mulai ada. Meskipun awalnya mungkin takut ketahuan guru, tapi diharapkan akan menjadi sebuah pembiasaan yang positif bagi mereka dalam pembelajaran.

 

D.    PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT DARI PELAKSANAAN

KEBERHASILAN

KEGAGALAN

1.      Dapat menumbuhkan budaya positif pada siswa.

2.      Siswa dapat mandiri, tidak menggantungkan pada pekerjaan teman.

3.      Yang awalnya adalah sebuah keterpaksaan lama – lama akan menjadi sebuah pembiasaan positif.

1.      Tidak semua siswa menyadari akan pentingnya pembiasaan positif tersebut.

2.      Perubahan sikap mereka tidak dapat dilihat karena pemebalajaran masih daring.

3.      Keberhasilan ini dilihat dari hasil angket survey, coretan hasil pekerjaan tugas mereka yang diunggah di GF dan nilai tugas/PAS, sehingga hasil didapat dari analisis.

 

E.      RENCANA PERBAIKAN DI MASA MENDATANG

1.      Budaya positif ini perlu ditumbuhkan terus pada anak, tidak hanya lewat pesan – pesan atau survey tetapi bisa pembimbingan jika sudah pemeblajaran tatap  muka/luring.

2.      Mengurangi peluang menyontek/menjiplak/copy paste siswa dalam pemberian tugas-tugas.

3.      Memberikan pantauan – pantaun pada siwa dengan pemberian survey – survey yang lebih detail lagi sehingga bisa diketahui betul perkembangnnya.

 

F.      DOKUMENTASI

 Pesan – pesan yang selalu disampaikan di group Wa










Tidak ada komentar:

Posting Komentar