Rabu, 30 Desember 2020

 

LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1. 2

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 

PENGGUNAAN E – MODUL DALAM PEMBELAJARAN DAN

LITERASI JARAK JAUH

Tri Tusiyani, S.Pd

CGP kabupaten Kulon Progo

 

A.    LATAR BELAKANG

Pada saat virus Covid-19 merajelela di wilayah Indonesia dan juga dunia sekarang ini juga berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran tidak biasa dilaksanakan secara tatap muka. Pembelajaran dilaksanakan secara daring. Untuk pembelajaran dibutuhkan literasi baik dari buku, artikel,atau dari sumber lain di internet. E-Modul adalah salah satu alternatif sumber pembelajaran. Dengan E – Modul siswa bisa mengakses di mana saja sehingga ini sangat mendukung pembelajaran daring saat ini karena di dalamnya juga bisa kita masukkan latihan soal-soal, youtube, rekaman suara dan lain – lain. Berbeda dengan buku biasa yang tidak bisa mengakses materi dari youtube, rekaman, film dan lainnya.

 

B.     DESKRIPSI AKSI NYATA

Pembelajaran dengan E – Modul hampir sama dengan pembelajaran di kelas ketika kita menggunakan buku pegangan siswa. Hanya kalau dengan E-Modul di akses lewat internet oleh siswa. Membuat E – Modul sama seperti kita membuat modul - modul berbasis kertas.

Langkah – langkah membuat E – Modul sebagai berikut :

1.      Siapkan bahan ajarnya dalam bentuk Pdf,  jika ada gambar – gambar pastikan itu menyatu dengan teks atau in line with text.

2.      Siapkan cover buku, bisa kita buat dengan aplikasi – aplikasi yang ada. Saya buat dengan canva.

3.      Siapkan pula latihan – latihan soal yang akan kita unggah, bisa lewat google form atau Quiziz di aplikasi E – Modulnya.

4.      Jika menggunakan video pembelajaran yang kita unggah di youtube, bisa juga kita ambil langsung dari youtube, siapkan ID nya.

5.      Instal aplikasinya, saya menggunakan aplikasi Flip Builder Pro. Bisa juga menggunakan Flip Pdf Corporation.

6.      E – Modul ini bisa di publish dalam bentuk exe, html, fbr.

Untuk lebih lengkapnya bisa diakses di link : http://gg.gg/PPT-PEMBUATAN-E-BOOK

Pembelajaran di kelas :

Untuk pembelajaran di kelas, siswa tinggal mengakses saja link yang sudah di bagikan. Materi baik tertulis maupun lewat youtube dan latihan soal sudah ada dalam E – Modul.

 

C.     HASIL DARI AKSI NYATA

Siswa merasa ada hal yang baru dalam pembelajaran. Tidak hanya tugas – tugas saja yang diberikan. Meski awalnya mereka merasa bingung juga dalam menggunakan aplikasi tersebut.

 

E – Modul nya bisa di akses



 

Untuk bentuk yang dalam bentuk publish html linknya ternyata mohon maaf ketika saya buka lagi sekarang error, sehingga tidak bisa saya akses lagi. Tetapi saat pembelajaran di kelas bisa diakses oleh siswa.

 

D.    PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI PELAKSANAAN

KEBERHASILAN

KEGAGALAN

a.      Siswa merasa ada hal yang baru dalam pembelajaran sehingga tidak bosan.

b.      Salah satu sumber literasi sebagai alternative pembelajaran secara daring di saat Pandemi Covid – 19 saat ini.

c.       Bisa langsung mengakses sumber pembelajaran baik video, youtube, latihan soal, film dan yang lainnya sehingga lebih memudahkan siswa.

a.      Siswa masih agak sulit menggunakan karena merupakan hal yang baru apalagi jika terkendala sinyal.

b.      Guru tidak bisa langsung menerangkan isi buku seperti ketika tatap muka, jadi harus membuat video pembelajarannya yang kemudian di unggah di E – Modul.

 

E.     RENCANA PERBAIKAN DI MASA MENDATANG

 

1.      Membuat video pembelajaran tentang materi yang ada di E – Modul sehingga siswa lebih mudah memahami isi E – Modulnya.

2.      Membuat dalam bentuk E – Book tidak hanya sekedar E – Modul sehingga lebih lengkap lagi dan bisa dijadikan sumber bahan literasi bagi siswa dan guru – guru terutama mapel  fisika.

 

F.      DOKUMENTASI







Tidak ada komentar:

Posting Komentar