Rabu, 30 Desember 2020

 

LAPORAN AKSI NYATA MODUL  1.1

PENERAPAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DI KELAS DAN SEKOLAH

Tri Tusiyani, S.Pd

CGP kabupaten Kulon Progo

 

A.    LATAR BELAKANG

Pembelajaran PKWU di SMA mempunyai maksud dan tujuan membekali peserta didik dengan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Kemampuan psikomotorik akan membekali siswa untuk dapat juga berkarya apalagi jika peserta didik tidak melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi.  PKWU adalah salah satu mata pelajaran yang dapat mewujudkan tujuan tersebut. Dalam mata pelajaran  ini diajarkan empat keterampilan yaitu Kerajinan, produk rekayasa system teknik, Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi dan Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Khas Daerah. Tetapi bisa diambil minimal dua keterampilan per tingkatnya per tahun. Pada pembelajaran kali ini, diambil materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar. Dengan bahan dasar limbah dimaksudkan agar dapat mengurangi limbah yang ada di masyarakat umumnya dan limbah RT khususnya. Dengan bekal kerajinan ini, peserta didik diharapkan dapat mempunyai bekal untuk dapat berkarya dan mandiri menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya atau pun orang lain.

 

B.     DESKRIPSI AKSI NYATA

Pembelajaran ini di awali dengan pengenalan ruang lingkup materi pembelajaran terutama dikenalkan dengan contoh – contoh pada bahan – bahan yang bisa dijadikan kerajinan. Berikut adalah link tugasnya http://gg.gg/tugas-pertemuan-2-PKWU-XI-IPS

Kemudian untuk pertemuan selanjutnya, peserta didik diminta untuk membuat rancangan usaha yaitu berkaitan dengan jenis produk yang akan dibuat, sasaran konsumen, analisis SWOT, identifikasi sumber daya, perencanaan administrasi dan pemasaran. Berikut adalah link tugasnya : http://gg.gg/tugas-3-pkwu-kls-XI-IPS dan http://gg.gg/tugas-4-PKWU-kelas-XI-IPS

Langkah selanjutnya adalah peserta didik diberikan tugas untuk wawancara dengan  pengusaha kerajinan di sekitar tempat tinggal. Wawancara diantaranya meliputi nama usaha, alamat usaha, jenis usaha, ide peluang usaha, sumber daya, perencanaan administrasi dan pemasaran. Berikut link tugasnya : http://gg.gg/tugas-5-PKWU-XI-IPS

Selanjutnya  tugas peserta didik adalah membuat karya kerajinan. Pada materi ini siswa diminta untuk menentukan karya yang akan dibuat, alat dan bahan yang digunakan, sasaran konsumen, kekurangan dan kelebihan produk, rincian biaya produksi, harga jual, keuntungan dan langkah pengembangan selanjutnya. Berikut adalah link tugasnya : http://gg.gg/tugas-11-PKWU-XI-IPS

Link pengumpulan tugas : http://gg.gg/tugas-10-pkwu-xi-ips-karya

Dan terakhir adalah refleksi dari apa yang sudah peserta didik lakukan. Berikut link tugasnya : http://gg.gg/tugas-12-PKWU-XI-IPS

C.     HASIL DARI AKSI NYATA

Hasil dari aksi nyata ada di link berikut :

http://gg.gg/HASIL-AKSI-NYATA-MODUL-1-1

 

D.    PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI PELAKSANAAN

 

KEBERHASILAN

KEGAGALAN

a.      Peserta didik mulai belajar berwirausaha bahkan ada yang sudah laku untuk di jual.

b.      Peserta didik belajar untuk membuat kerajinan sendiri.

c.       Mempunyai  pengalaman tersendiri yang bisa untuk bekal setelah lulus.

a. Sebagian karya siswa masih kurang maksimal dikarenakan keterbatasan keterampilan dan sarana dan prasarana yang dimiliki.

Guru kurang bisa memberikan bimbingan yang efektif dan efisien dikarenakan terkendala komunikasi dikarenakan pembelajaran secara daring.

c. Belum semua peserta didik dapat memenuhi tugas yang diberikan.

 

E.      RENCANA PERBAIKAN DI MASA MENDATANG

1.         Pembimbingan yang lebih intensif pada siswa.

2.         Bekerjasama dengan wali kelas agar siswa lebih tertib dalam pengerjaan maupun pengumpulan tugas

3.         Bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk pengembangan selanjutnya.

 

F.      DOKUMENTASI

Link foto langkah – langkah pembuatan karya : http://gg.gg/foto-langkah-pembuatan-karya

 

FOTO DOKUMENTASI

 

Contoh karya Siswa

Karya kerajinan

Hasil kerajinan

Wawancara ke pengrajin sekitar

3xfx

Wawancara ke pengrajin sekitar

Wawancara ke pengrajin sekitar

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar