LAPORAN
AKSI NYATA MODUL 1.1
PENERAPAN PEMIKIRAN KI
HADJAR DEWANTARA DI KELAS DAN SEKOLAH
Tri
Tusiyani, S.Pd
CGP
kabupaten Kulon Progo
A. LATAR BELAKANG
Pembelajaran
PKWU di SMA mempunyai maksud dan tujuan membekali peserta didik dengan
kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Kemampuan psikomotorik akan
membekali siswa untuk dapat juga berkarya apalagi jika peserta didik tidak
melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi. PKWU adalah salah satu mata pelajaran yang
dapat mewujudkan tujuan tersebut. Dalam mata pelajaran ini diajarkan empat keterampilan yaitu
Kerajinan, produk rekayasa system teknik, Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi dan
Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Khas
Daerah. Tetapi bisa diambil minimal dua keterampilan per tingkatnya per tahun.
Pada pembelajaran kali ini, diambil materi kerajinan dari bahan limbah
berbentuk bangun datar. Dengan bahan dasar limbah dimaksudkan agar dapat
mengurangi limbah yang ada di masyarakat umumnya dan limbah RT khususnya.
Dengan bekal kerajinan ini, peserta didik diharapkan dapat mempunyai bekal
untuk dapat berkarya dan mandiri menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi
dirinya atau pun orang lain.
B.
DESKRIPSI AKSI NYATA
Pembelajaran ini di awali
dengan pengenalan ruang lingkup materi pembelajaran terutama dikenalkan dengan
contoh – contoh pada bahan – bahan yang bisa dijadikan kerajinan. Berikut
adalah link tugasnya http://gg.gg/tugas-pertemuan-2-PKWU-XI-IPS
Kemudian untuk pertemuan
selanjutnya, peserta didik diminta untuk membuat rancangan usaha yaitu
berkaitan dengan jenis produk yang akan dibuat, sasaran konsumen, analisis
SWOT, identifikasi sumber daya, perencanaan administrasi dan pemasaran. Berikut
adalah link tugasnya : http://gg.gg/tugas-3-pkwu-kls-XI-IPS
dan http://gg.gg/tugas-4-PKWU-kelas-XI-IPS
Langkah selanjutnya
adalah peserta didik diberikan tugas untuk wawancara dengan pengusaha kerajinan di sekitar tempat tinggal.
Wawancara diantaranya meliputi nama usaha, alamat usaha, jenis usaha, ide peluang usaha, sumber daya, perencanaan
administrasi dan pemasaran. Berikut link tugasnya : http://gg.gg/tugas-5-PKWU-XI-IPS
Selanjutnya tugas peserta didik adalah membuat karya
kerajinan. Pada materi ini siswa diminta untuk menentukan karya yang akan
dibuat, alat dan bahan yang digunakan, sasaran konsumen, kekurangan dan
kelebihan produk, rincian biaya produksi, harga jual, keuntungan dan langkah
pengembangan selanjutnya. Berikut adalah link tugasnya : http://gg.gg/tugas-11-PKWU-XI-IPS
Link pengumpulan tugas : http://gg.gg/tugas-10-pkwu-xi-ips-karya
Dan terakhir adalah refleksi dari apa
yang sudah peserta didik lakukan. Berikut link tugasnya : http://gg.gg/tugas-12-PKWU-XI-IPS
C.
HASIL DARI AKSI
NYATA
Hasil dari aksi
nyata ada
di link berikut :
http://gg.gg/HASIL-AKSI-NYATA-MODUL-1-1
D.
PEMBELAJARAN YANG
DIDAPAT DARI PELAKSANAAN
KEBERHASILAN |
KEGAGALAN |
a.
Peserta didik mulai belajar
berwirausaha bahkan ada yang sudah laku untuk di jual. b.
Peserta didik belajar untuk
membuat kerajinan sendiri. c.
Mempunyai pengalaman tersendiri yang bisa untuk bekal
setelah lulus. |
a. Sebagian karya siswa masih kurang maksimal dikarenakan keterbatasan
keterampilan dan sarana dan prasarana yang dimiliki. b Guru kurang bisa memberikan bimbingan yang efektif dan efisien dikarenakan terkendala komunikasi dikarenakan
pembelajaran secara daring. c. Belum semua peserta didik dapat memenuhi tugas yang diberikan. |
E.
RENCANA
PERBAIKAN DI MASA MENDATANG
1.
Pembimbingan yang lebih intensif pada siswa.
2.
Bekerjasama dengan wali kelas agar siswa lebih tertib
dalam pengerjaan maupun pengumpulan tugas
3.
Bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk pengembangan
selanjutnya.
F.
DOKUMENTASI
Link foto langkah – langkah pembuatan karya : http://gg.gg/foto-langkah-pembuatan-karya
FOTO DOKUMENTASI
|
|
Contoh karya
Siswa |
Karya
kerajinan |
|
|
Hasil
kerajinan |
Wawancara ke
pengrajin sekitar |
|
3xfx |
Wawancara ke
pengrajin sekitar |
Wawancara ke
pengrajin sekitar |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar